5 Sebab Bisnismu Jadi Tidak Berkembang

  • admin
  • Oktober 14, 2020
  • Tidak ada Komentar

Sama halnya dengan roda kehidupan yang selalu berputar, ketika menjalankan bisnis tidak selamanya berjalan dengan lancar dan mendapatkan untung besar.  Setiap bisnis pasti akan bertemu dengan masalah, namun harus segera diselesaikan dengan bijak. Hal ini juga umum dialami oleh para pebisnis sukses di dunia.

Hambatan yang dialami tidak selalu dari segi modal, beberapa penyebab lain diantaranya terkait dengan manajemen bisnis bahkan aktivitas operasional bisnis yang tidak rapi. Seperti halnya penyakit dalam tubuh manusia, Anda perlu mengetahui penyebabnya sehingga mampu melakukan antisipasi sebelum terjadi lebih parah, begitu pula dengan bisnis.

Berikut ini merupakan 5 hal yang membuat kondisi bisnis Anda menjadi tidak sehat dan berkembang : 

1. Pencatatan atau pembukuan kas yang berantakan

Banyak yang masih memandang pembukuan sebagai urusan nomor sekian karena berbagai macam alasan, mulai dari proses akuntansi yang dianggap membingungkan hingga alasan ketidakdisiplinan. Kondisi itu membuat pelaku bisnis tidak dapat melihat jelas apakah bisnisnya benar-benar menguntungkan serta tidak bisa mengetahui perkembangan, keuntungan, dan prospek usahanya.

Menurut para ahli pencatatan atau pembukuan kas sangat penting karena pembukuan bersumber dari kegiatan mengorganisir dokumen keuangan dan akuntansi bisnis, termasuk buku besar, jurnal, laporan keuangan, catatan pajak penghasilan, dan banyak lagi. Pembukuan tidak hanya digunakan ketika perusahaan telah berskala besar, namun juga perlu diterapkan pada perusahaan ketika masih berskala kecil. Pembukuan memiliki manfaat penting dalam sebuah bisnis, untuk itu Anda harus melakukannya dengan rapi dan disiplin.

2. Terlalu Banyak hutang dan piutang yang tidak terbayarkan

Bagi sebuah kegiatan usaha, utang dan piutang pasti akan selalu ada. Namun, untuk mengelolanya memang tidak mudah. Hutang yang tidak terbayarkan pada saat jatuh tempo akan menyebabkan bunga yang tinggi  hal ini akan menjadi masalah jika Anda tidak dapat melunasi hutang dan bertumpuk maka aset yang Anda miliki dijual atau disita oleh pihak bank.

Faktanya bahwa rasio utang yang aman adalah di bawah 40% dan maksimalnya adalah 50% dari aset, bila rasio utang Anda di atas angka tersebut sangat tidak dianjurkan karena akan berbahaya bagi bisnis Anda. Begitu pula dengan piutang,  jika banyak piutang yang tidak terbayarkan artinya tidak ada pemasukan atau pendapatan dan bisnis Anda akan merugi. Piutang tidak tertagih jika terlalu banyak maka berisiko mengancam bisnis Anda, maka langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari piutang tak tertagih adalah melakukan penagihan secara berkala.

3. Pelayanan yang kurang profesional 

Menurut Jazak Afriansyah, seorang Coach, Trainer (ACT) of Professional Skill Series dan penulis Buku Seri Keahlian Profesional, menjelaskan bahwa pelayanan yang kurang profesional akan menghilangkan kepercayaan dan kepuasaan konsumen yang berujung semakin buruk brand image bisnis Anda.

Apabila hal tersebut terjadi, maka Anda akan mengalami kehilangan keuntungan atau pendapatan. Oleh sebab itu Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan karena pelayanan yang profesional menjadi tolak ukur kesuksesan dalam menciptakan loyalitas dan kepuasan pelanggan.

4. Strategi pemasaran yang kurang efektif

Sejatinya strategi pemasaran bermanfaat untuk mengkomunikasikan tentang informasi produk yang dijual kepada konsumen mulai dari kelebihannya, fitur dan sejumlah informasi detail mengenai produk. Namun saat ini masih banyak bisnis yang kurang mampu beradaptasi dengan strategi pemasaran di era digitalisasi.

Tak jarang, karena hal tersebut menyebabkan banyak bisnis menjadi tidak berkembang atau bahkan gulung tikar karena belum mampu menerapkan strategi pemasaran secara digital. Umumnya, para usaha tidak mengetahui mengenai bagaimana strategi untuk memasarkan produknya secara digital dan cenderung masih menggunakan cara tradisional.

5.  Produk yang ditawarkan kurang variatif

Salah satu yang menyebabkan bisnis Anda menjadi tidak berkembang yaitu produk yang terbatas. Saat Anda berbisnis, Anda harus sudah dapat memenuhi kebutuhan dari pasar bisnis Anda. Bila produk yang Anda tawarkan kepada pasar bisnis Anda sedikit dan tidak banyak pilihan, maka konsumen Anda akan berpindah pada pesaing Anda dan mencari tempat lain yang lebih lengkap. Persaingan di dunia bisnis sangat ketat apalagi persaingan antara kompetitor produk sejenis, maka jika Anda tidak mau kehilangan konsumen Anda persiapkan berbagai macam jenis produk yang ditawarkan.

Misalnya jika Anda berbisnis PPOB, Anda dapat bekerja sama dengan biller/ aggregator untuk melebarkan bisnis Anda mengambil produk-produk pembayaran lain yang lebih lengkap dan belum ada pada bisnis PPOB Anda. Pulsa-Kios dapat menjadi partner biller/ aggregator untuk bisnis PPOB Anda dengan produk yang bervariatif, sistem client service 24/7 serta kemudahan berintegrasi dan keamanan yang terjamin.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 penyebab yang membuat kondisi bisnis Anda menjadi tidak sehat dan berkembang. Anda harus lebih jauh mengenali dan mengevaluasi pertumbuhan bisnis Anda. Jika tanda-tanda tersebut kian jelas dan muncul maka segeralah melakukan antisipasi dan perbaikan agar tidak berdampak yang lebih parah untuk bisnis Anda kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *